Kamis, 29 September 2011

TUGAS MUTU KELOMPOK FIRMA,NURZEHA,BADIRIANAH,KAIRUL AHMAD Dan ALISA WULANDARI

TUGAS MUTU KELOMPOK
1. Firma Firdiyani (224408059)
2. Nurseha Syarifuddin (224408071)
3. Badirianah (224408072)
4. Khairul Ahmad (224408080)
5. Alisa Wulandari (224408141)


1. Pengertian Mutu

Phil Crosby,misalnya, menyatakan mutu berarti kesesuaian terhadap persyaratan ,seperti jam tahan air, sepatu tahan lama, dokter yang ahli,dll. Dokter yang mampu mendiagnosa dengan tepat penyakit pasiennya digolongkan sebagai dokter yang bermutu. Sementara Edward Deming ,menyatakan mutu berarti pemecahan masalah untuk mencapai penyempurnaan terus menerus seperti Kaizen di Toyota. Dalam hal ini berarti mutu berarti sesuatu yang kontinu, senantiasa ada perbaikan,tidak stagnan. K.Ishikawa, pencipta diagram tulang ikan, menyatakan mutu berarti kepuasan pelanggan,baik pelanggan internal maupun eksternal. Kepuasan pelanggan internal akan menyebabkan kepuasan pelanggan eksternal.

2. Pengertian Standar dan Nilai

Nilai adalah prinsip, standar, mutu atau penghargaan terhadap sesuatu/seseorangyang dianggap berfaedah atau yang diinginkan sekali. Nilai biasanya mendorong tingkahlaku dan berkaitan langsung dengan kepuasan atau pemenuhan hidup atau kerja

3. Pengertian Kepuasan Pelanggan

Kepuasan merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. Jadi tingkat kepuasan adalah fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan.

4. Iso 9001

SO 9001:2008 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen Mutu / kualitas. ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan - persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. ISO 9001:2008 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan - persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa). ISO 9001:2008 hanya merupakan standar sistem manajemen kualitas. Namun, bagaimanapun juga diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan berkualitas baik (standar).

5. Zero Defect

Produk tanpa cacat (zero defects) adalah kondisi ideal yang selalu didambakan, baik oleh pembuat barang (produk dan atau jasa) maupun pelanggan atau konsumen yang memakainya.

6. ISO 14001

ISO 14001 adalah suatu standar internasional untuk Sistem Manajemen Lingkungan (SML) yang pada saat ini secara luas menggunakan SML di dunia, dengan lebih dari 6.000 sertifikasi di Inggris dan 111.000 sertifikasi di 138 negara seluruh dunia.

ISO 14001 adalah standar sistem manajemen utama yang mengkhususkan pada persyaratan bagi formulasi dan pemeliharaan dari SML. Tiga komitmen fundamental mendukung kebijakan lingkungan untuk pemenuhan persyaratan ISO 14001, termasuk :

  • pencegahan polusi
  • kesesuaian dengan undang-undang yang ada
  • perbaikan berkesinambungan SML

7. OHSAS 18000

Standar OHSAS 18000 merupakan spesifikasi dari sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja internasional untuk membantu organisasi mengendalikan resiko terhadap kesehatan dan keselamatan pekerjanya.

8. Siklus Deming

Siklus (atau Shewhart) Deming. This method is also known as Plan-Do-Check-Act (PDCA) or Plan-Do-Study-Act (PDSA) and it is well suited for many improvement projects. Metode ini juga dikenal sebagai Plan-Do-Check-Act (PDCA) atau Plan-Do-Study-Act (PDSA) dan cocok untuk proyek-proyek perbaikan banyak. Originally known as PDCA, it was revised to PDSA in the early 1990's to reflect misunderstandings of the intent of learning process. Awalnya dikenal sebagai PDCA, itu direvisi untuk PDSA di awal 1990-an untuk mencerminkan kesalahpahaman dari maksud dari proses belajar.

9. Service Quality

service quality dapat didefinisikan sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas pelayanan yang mereka terima/peroleh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar